Jakarta, CNBC Indonesia – Pemerintah Jepang berencana untuk menggratiskan vaksin Covid-19 kepada seluruh warganya. Jepang kini pantas berusaha mengamankan pasokan vaksin.

Menurut sumber yang keahlian hal ini, Jepang akan mema biaya 670 miliar yen yang berasal dari dana cadangan tahun fiskal 2020. Vaksinasi ditargetkan akan dilakukan pada akhir Juni tahun depan, seperti dikutip dari Japan Times, Kamis (1/10/2020).

Sumber tersebut mengungkapkan vaksin corona gratis akan diumumkan pada pertemuan panel penasihatan departemen kesehatan Jepang pada awal minggu depan.


Pemerintah Jepang melayani vaksinasi gratis untuk bersiap bertemu kemungkinan serangan virus corona dan influenza musiman secara bersamaan. Masa ini Jepang sudah memulai vaksinasi influenza kepada seluruh warga.

Saat ini Jepang telah menandatangani kerja sama penyediaan vaksin dengan pembuat obat asal GANDAR Pfizer Inc dan produsen farmasi Inggris AstraZeneca PLC.

Pemberian vaksin gratis juga akan dilakukan oleh Australia kepada warganya. Negeri kangguru ini telah mendirikan kesepakatan penyediaan vaksin dengan AstraZeneca, seperti dikutip dari AFP.

Sebelumnya Australia menandatangani konvensi senilai US$ 18 juta dengan perusahaan medis Amerika Becton Dickinson. Perjanjian itu terkait pembelian pasak suntik dan alat suntik buat memberi dosis vaksin.

[Gambas:Video CNBC]
(roy/miq)