Jakarta, CNBC Indonesia – Pemilu presiden Amerika Konsorsium (AS) resmi dimulai sejak Selasa (3/11/2020) pagi waktu setempat ataupun malam waktu Indonesia.

Hingga saat ini warga GANDAR masih melakukan pemungutan suara berperan mendapatkan hasil siapa yang unggul antara petahana dari Partai Republik Donald Trump atau saingannya sejak Partai Demokrat Joe Biden.


Sejumlah negara bagian juga telah menutup bilik suara. Polling pemenang juga secara perlahan dikeluarkan sebesar media.

Berdasarkan petunjuk AFP dari sejumlah media AS jam 9: 00 WIB, sejauh tersebut polling menunjukkan Biden unggul sebab Trump dengan 88 suara dalam Electoral College. Sementara Trump gres mendapat 63 suara.

Biden memenangkan pandangan di Connecticut, Delaware, Maryland, Illinois, Massachusetts, Rhode Island, Vermont, Virginia, dan New Jersey. ia serupa mendapat tiga suara elektoral sejak ibu kota AS, Washington DC.

Sedangkan Trump menang di Alabama, Arkansas, Indiana, Kentucky, Mississippi, Oklahoma, Tennessee, dan Virginia Barat. Semuanya adalah negara dalam mana ia menang 2016 berantakan.

Meski demikian, keduanya tetap membutuhkan suara minimal 270 dari total 538 yang ada di Electoral College. Ini bakal menjadi penentu siapa yang akan menduduki kursi presiden di Gedung Putih.

Berikut ini adalah daftar negara bagian dengan dimenangkan oleh masing-masing kandidat dan jumlah suara elektoral yang bertemu, berdasarkan proyeksi media AS, tercatat CNN, Fox News, MSNBC / NBC News, ABC, CBS dan The New York Times:

TRUMP: 63

Alabama (9)

Arkansas (6)

Indiana (11)

Kentucky (8)

Mississippi (6)

Oklahoma (7)

Tennessee (11)

Virginia Barat (5)

BIDEN: 88

Connecticut (7)

Delaware (3)

Kawasan Columbia (3)

Illinois (20)

Maryland (10)

Massachusetts (11)

New Jersey (14)

Rhode Island (4)

Vermont (3)

Virginia (13)

(sef/sef)