Jakarta, CNBC Indonesia – Departemen Kesehatan mencatat telah menemukan lebih dari 1. 000 klaster penularan virus corona (Covid-19). Salah kepala klaster yang ditemukan, yaitu klaster keluarga.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengaku telah mendapatkan instruksi khusus dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memberikan sosialisasi terkait hal ini.

“Arahan bapak Presiden kepada saya serta jajaran kami di KemenPPPA merupakan bagaimana kita mengampanyekan dan sosialisasi masif kepada para keluarga terutamanya perempuan dan anak di segenap Tanah Air, ” kata Bintang dalam konferensi pers, Kamis (24/9/2020).


Bintang mengingatkan masyarakat buat selalu mematuhi aturan 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak, & mencuci tangan. Bintang mengaku mau meminta bantuan kepada ibu-ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK).

“Kami di KemenPPPA punya medan yang namanya forum anak yang tersebar di 34 provinsi, 451 kabupaten kota, di mana itu sebagai pelopor dan pelapor, tersebut bisa kita ajak mensosialisasikan dengan masif berkaitan dengan 3M itu, ” katanya.

Bintang memandang, masyarakat perlu mematuhi protokol kesehatan yang sah, tidak hanya pada saat muncul rumah. Kaum perempuan, kata tempat, perlu memiliki peran besar di dalam hal ini.

“Terutamanya perempuan sebagai manajer rumah tangga selalu harus mengingatkan keluarganya meskipun di dalam rumah, kami sarankan untuk tetap memakai masker. Apalagi di dalam keluarga ada golongan rentan seperti balita dan lansia, ” katanya.

“Dan satu hal penting lagi dengan kami sampaikan, kenapa klaster puak meningkat, tidak menutup kemungkinan terpaparnya, ketika ayah atau ibu berjalan di luar rumah. Ini kejadian penting yang harus diperhatikan saat masuk rumah saya sarankan bersih-bersih badan, barulah berinteraksi dengan rumpun, ” katanya.

[Gambas:Video CNBC]
(dob/dob)